Sunday, January 6, 2013

Tugas Softskill Koperasi (Manajemen Keuangan Koperasi)

Definisi manajemen keuangan koperasi adalah sebuah aktivitas pencarian modal menguntungkan dan penggunaan modal secara efektif dan efisien namun tetap memperhatikan prinsip ekonomi dan prinsip koperasi.
Dalam pengertian di atas mengandung beberapa hal, antara lain:
  1. Pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen, minimal fungsi perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), implementasi (actuating) dan fungsi pengendalian (controlling).
  2. Kegiatan pencarian modal; adalah memanage aktivitas untuk memperoleh atau mendapatkan modal, baik yang berasal dari dalam maupun luar Koperasi.
Minimalisasi penggunaan modal merupakan cara untuk mencapai tujuan manajemen keuangan dalam Koperasi. Minimalisasi penggunaan modal dapat memaksimalkan profit atau SHU dan pada akhirnya dapat memaksimalkan kesejahteraan anggota. SHU dan kesejahteraan anggota yang meningkat dapat menambah kepercayaan pihak ketiga (kreditur) terhadap koperasi. Dengan kepercayaan tersebut, maka koperasi memiliki peluang agar dapat dipercaya mengelola modal yang lebih besar.

Bahwa dalam hubungannya dengan berbagai kegiatan usaha Koperasi, manajemen keuangan merupakan fungsi pokok yang harus mendapat perhatian. Dalam hal ini, maka pihak  manajemen koperasi harus mengarahkannya kepada:
  1. Terwujudnya stabilitas usaha dengan cara pengelolaan likuiditas dan solvabilitas yang baik.
  2. Terwujudnya pendayagunaan modal yang optimal.
  3. Terwujudnya kemampuan membentuk modal sendiri. 
Masalah pertama hal di atas, merupakan gambaran yang diperoleh melalui analisa rasio keuangan dari laporan akuntansi Koperasi.
Masalah kedua, menyangkut masalah manajemen keuangan Koperasi. Masalah manajemen keuangan ini menuntut pengurus untuk mememikirkan bagaimana kedua aktivitas (mencari sumber modal dan menggunakan modal) dalam manajemen keuangan dapat dilakukan dengan baik. Dari segi pengelolaan permodalan, Koperasi sebagai badan usaha harus melakukannya dengan perhitungan yang rasional dan mendasarkan disetiap rencana usaha pada studi kelayakan.
 
Masalah ketiga ini didasarkan atas prinsip Koperasi harus dapat mandiri dan tangguh. Semakin tinggi tingkat efisiensi maka SHU akan meningkat. Peningkatan SHU dengan sendirinya akan meningkatkan pula pembentukan modal sendiri yang dibentuk melalui cadangan.
 
dalam pencapaian tujuan di atas pengelola harus dapat menciptakan kondisi optimal dalam Koperasi, yang antara lain:
  1. Optimalisasi skala usaha Koperasi, melalui alokasi modal yang efisien, produktif dan rasional.
  2. Optimalisasi pemanfaatan kapasitas usaha dan modal Koperasi.
  3. Optimalisasi kerjasama dengan berbagai pihak, baik dalam bentuk usaha, permodalan maupun manajemen Koperasi secara umum.
  4. Optimalisasi pemupukan modal sendiri, melalui simpanan-simpanan anggota dan pembentukan dana cadangan.
 
Permodalan dan Modal dalam Koperasi
 
Dalam memulai suatu usaha, modal merupakan salah satu faktor penting disamping faktor lainnya. Suatu usaha tidak akan pernah ada atau tidak dapat berjalan tanpa adanya modal. Karenanya setiap orang yang akan melalukan kegiatan usaha, maka langkah utama yang dilakukannya adalah memikirkan dan mencari modal untuk usahanya. Kedudukan modal dalam suatu usaha dikatakan oleh Suryadi Prawirosentono (2002: 117) sebagai berikut: Modal adalah salah satu faktor penting diantara berbagai faktor produksi yang diperlukan. Bahkan modal merupakan faktor produksi penting untuk pengadaan faktor produksi seperti tanah, bahan baku, dan mesin. Tanpa modal tidak mungkin dapat membeli tanah, mesin, tenaga kerja dan teknologi lain.
Definisi modal adalah suatu aktiva dengan umur lebih dari satu tahun yang tidak diperdagangkan dalam kegiatan bisnis sehari-hari. Modal merupakan kekayaan yang dimiliki perusahaan yang dapat menghasilkan keuntungan pada waktu yang akan datang dan dinyatakan dalam nilai uang. Modal dalam bentuk uang pada suatu usaha mengalami perubahan bentuk sesuai dengan kebutuhan untuk mencapai tujuan usaha, yakni :
  • Sebagian dibelikan Tanah dan bangunan
  • Sebagian dibelikan persediaan bahan.
  • Sebagian dibelikan mesin dan peralatan.
  • Sebagian lagi disimpan dalam bentuk tunai (cash).
Pentingnya faktor modal bagi suatu usaha, digambarkan oleh Bambang Riyanto (1985: 61) sebagai berikut:
“Modal kerja sangat berpengaruh terhadap berjalannya operasi suatu perusahaan sehingga modal kerja harus senantiasa tersedia dan terus menerus diperlukan bagi kelancaran usaha, dengan modal yang cukup akan dapat diproduksi optimal dan apabila dilakukan penambahan modal maka produksi akan meningkat lebih besar lagi.”
Modal dapat dibedakan atas pengertian sempit dan yang luas. Dalam arti sempit, modal sering diartikan sebagai uang atau sejumlah dana untuk membiayai suatu usaha atau kegiatan. Dalam arti luas, modal diartikan sebagai segala sesuatu (benda modal: uang, alat, benda-benda, jasa) yang dapat digunakan untuk menghasilkan sesuatu.
Dilihat dari segi fungsinya modal dapat dibedakan atas modal individu dan modal sosial. Modal individu adalah tiap-tiap benda yang memberikan pendapatan bagi pemiliknya. Modal sosial adalah setiap produk yang digunakan untuk produksi selanjutnya
 
Fungsi permodalan berkembang dari masa ke masa, yang semula orientasinya hanya pada ”bagaimana cara mendapatkan modal” kemudian berkembang menjadi ”bagaimana cara menggunakan/mengalokasikan modal”. Akhirnya kemudian berkembang dengan fokus ”bagaimana mendapatkan modal dengan cara yang paling menguntungkan sekaligus bagaimana menggunakan modal tersebut secara efektif dan efisien.” Inilah yang dimaksud dengan pengertian permodalan secara luas. Dengan demikian ada dua pokok masalah dalam permodalan, yaitu: 1) mendapatkan modal; dan 2) menggunakan modal.
Masalah permodalan dalam Koperasi menjadi bagian dari tugas pengurus. Pengurus memikul tugas bagaimana dapat menjalankan Koperasi dengan cara memperoleh dana yang tidak merugikan Koperasi, dan menggunakannya seefektif dan seefisien mungkin. Hal ini merupakan wujud dari tujuan manajemen keuangan Koperasi. Tujuan tersebut adalah memaksimisasi laba (SHU) yang pada akhirnya dapat memaksimisasi kesejahteraan anggota.

Sumber: http://blog.student.uny.ac.id/yooovie/2010/10/28/managemen-keuangan-koperasi/
 
 





 

 

 
 


 











Tugas Softskill Koperasi (Struktur Organisasi Koperasi)

Organisaisi koperasi yang telah terbentuk memerlukan pelaksanaan manajemen koperasi, diantaranya mengenai Bagan Struktur Organisasi yang relevan, perangkat dan fungsi organisasi koperasi. Bagan Struktur Organisasi Koperasi menggambarkan susunan, isi dan luas cakupan organisasi koperasi, serta menjelaskan posisi daripada fungsi beserta  tugas maupun kewajiban setiap fungsi, hubungan kerja dan tanggung jawab yang jelas.

Landasan pembuatan struktur organisasi adalah :
  1. Undang-undang republic Indonesia Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian.
  2. Anggaran Dana dan Anggaran Rumah Tangga Koperasi.
  3. Keputusan Rapat.




Keterangan :
Bagan Struktur Organisasi Koperasi ini tidak bersifat baku dan masih dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan/kecukupan/ciri khas organisasinya. Perangkat organisasinya pasti harus tercantum sebagaimana UU Nomor 25 Tahun 1992 pasal 21, adalah Rapat Anggota, Pengurus dan Pengawas, yang selanjutnya dapat dilengkapi adanaya pengelola (manager dan karyawan).

1. Rapat Anggota

Anggota memiliki kekuasaan tertinggi dalam koperasi, yang tercermin dalam forum Rapat Anggota, sering kali secara teknis disebut RAT (Rapat Anggota Tahunan). Fungsi Rapat Anggota adalah :

  1. Menetapkan Anggaran Dasar/ART.
  2. Menetapkan Kebijaksanaan Umum di bidang organisasi, manajemen dan usaha koperasi.
  3. Menyelenggarakan pemilihan, pengangkatan, pemberhentian, pengurus dan atau pengawas.
  4. Menetapkan Rencana Kerja, Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Koperasi serta pengesahan Laporan Keuangan.
  5. Mengesahkan Laporan Pertanggung-jawaban Pengurus dan Pengawas dalam melaksanakan tugasnya.
  6. Menentukan pembagian Sisa Hasil Usaha.
  7. Menetapkan keputusan penggabungan, peleburan, dana pembubaran Koperasi.


2. Pengurus

Pengurus dipilih dari dan oleh Anggota Koperasi, dan berperan mewakili anggota dalam menjalankan kegiatan organisasi maupun usaha koperasi. Pengurus dapat menunjuk manajer dan karyawan sebagai pengelola untuk menjalankan fungsi usaha sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang ada, sebagaimana jelas tercantum dalam pasal 32 UU Nomor 25 Tahun 1992
tentang Perkoperasian. Pengurus memperoleh wewenang dan kekuasaan dari hasil keputusan RAT Pengurus berkewajiban melaksanakan seluruh keputusan RAT guna memberikan manfaat kepada anggota koperasi. Pengurus merumuskan berbagai kebijaksanaan yang harus dilakukan pengelola (Tim Manajemen) dan menjalankan tugas-tugasnya sebagai berikut :
  1. Mengelola organisasi koperasi dan usahanya.
  2. Membuat dan mengajukan Rancangan program kerja serta Rancangan RAPBK( Rencana Anggran Pendapatan dan Belanja Koperasi)
  3. Menyelenggarakan Rapat Anggota
  4. Mengajukan LaporanKeuangan dan Pertanggung Jawaban Pelaksanaan Tugas.
  5. Menyelenggarakan pembukuan keuangan dan inventaris secara tertib
  6. Memelihara daftar buku anggota, buku pengurus, dan pengawas.
  7. Memberikan pelayanan kepada anggota koperasi dan masyarakat.
  8. Mendelegasikan tugas kepada manajer.
  9. Meningkatkan pengetahuan perangkat pelaksanaan dan anggota.
  10. Meningkatkan penyuluhan dan pendidikan kepada anggota.
  11. Mencatat mulai sampai dengan berakhirnya masa kepengurusan pengawas dan pengurus.
  12. Mencatat masuk dan keluarnya anggota.
Fungsi dan Peran Pengurus

Pengurus koperasi mempunyai fungsi, di antaranya adalah :
1. Pengurus sebagai pusat pengambil keputusan tertinggi.

Fungsi pengurus sebagai pusat pengambilan keputusan tertinggi diwujudkan dalam menentukan tujuan organisasi, merumuskan kebijakan organisasi, menentukan rencana sasaran serta program kerja organisasi koperasi, memilih dan mengawasi tindakan tindakan manajer-manajer dan karyawan dalam mengelola usaha koperasi.Pengurus merupakan perangkat organisasi koperasi yang diharapkan dapat membawa perubahan dan pertumbuhan organisasi dan sekaligus menjadi sumber inisiatif dan inspirasi bagi pengembangan usaha koperasi. Pada menilai semua hasil kerja kegiatan-kegiatan pengelolaan koperasi secara operasional yang menjadi tanggung jawab manajer.

2. Fungsi sebagai Penasihat
Fungsi sebagai penasihat ini berlaku baik bagi para manajer maupun bagi para anggota. Bagi para manajer meminta nasihat kepada pengurus adalah penting sekali artinya, terutama dalam rangka penjabaran dan penerapan kebijaksanaan operasional dari kebijaksanaan-kebijaksanaan yang telah dirumuskan oleh pengurus.

3. Pengurus sebagai pengawas
Adalah bahwa pengurus merupakan orang yang mendapat kepercayaan dari anggota untuk melindungi semua kekayaan organisasi.

4. Pengurus sebagai penjaga kelangsungan hidup organisasi
Demi keberlangsungan usaha dan keberlanjutan organisasi koperasi, maka pengurus harus :
  1. Mampu menyediakan adanya manajer yang cakap dalam organisasi.
  2. Menyeleksi dan memilih eksekutif atau manajer secara efektif.
  3. Memberikan pengarahan kepada manajer agar koperasi berjalan secara efektif dan professional.
  4. Menetapkan orang-orang yang mampu mengarahkan kegiatan dari organisasi.
  5. Mengikuti perkembangan pasar, dengan tepat mengarahkan berbagai jenis layanan barang-barang atau jasa-jasa yang dihasilkan oleh koperasi sesuai dengan dinamika pasar dan tingkat kelayakan maupun profitabilitas usaha. 
5. Pengurus sebagai Simbol
Langkah-langkah yang diambil pengurus terhadap anggota maupun karyawan bersifat persuasive yang menempatkan pengurus menjadi pemimpin yang memiliki kekuatan dan motivator  bagi pencapaian tujuan; strategis perusahaan dan kebijaksanaan umum dari organisasi koperasi dirumuskan secara sistematis oleh pengurus; pengurus memperoleh dan menyajikan informasi koperasi secara cermat dalam menunjang kinerja usaha.

 

3. Pengawas

Pengawas sebagai salah satu perangkat organisasi koperasi diangkat dari dan oleh Anggota dalam Rapat Anggota Tahunan, sesuai pasal 38 UU No. 25 Tahun 1992. Berdasarkan ketentuan Pasal 39 UU No.25 Tahun 1992, fungsi tugas dan wewenng pengawas antara lain :
  1. Melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan kebijaksanaan Pengurus dan Pengelola Koperasi.
  2. Membuat laporan tertulis tentang hasil pengawasannya.
  3. Meneliti catatan yang ada pada koperasi.
  4. Mendapatkan segala keterangan yang diperlukan.
  5. Merahasiakan hasil pengawasannya terhadap pihak ketiga.
  6. Memeriksa sewaktu-waktu tentang keuangan dengan membuat berita acara pemeriksaannya.
  7. Memberikan saran dan pendapat serta usul kepada pengurus atau Rapat Anggota mengenai hal yang menyangkut kehidupan koperasi.
  8. Memperolah biaya-biaya dalam rangka menjalankan tugas sesuai dengan keputusan Rapat Anggota.
  9. Mempertanggungjawabkan hasil pemeriksaannya pada RAT.
Keterkaitan antara peran pengawas dan pengurus adalah dalam hal pelaporan adalah dalam hal pelaporan hasil audit. Pengawas melaporkan hasil audit dan rekomendasi pelaksanaan kebijakan dan Keputusan Rapat Anggota yang telah di laksanakan oleh pengurus koperasi baik audit berkala maupun audit akhir tahun buku. Hasil audit yang dilaporkan dari pengawas adalah mengenai kesesuaian dan kebenaran data dan informasi yang dilaporkan dari pengawas adalah mengenai kesesuaian dan kebenaran data dan informasi yang dilaporkan Pengurus koperasi dengan bukti – bukti pendukungnya. Adapun beberapa hasil audit yang dilaporkan pengawas adalah :
  1. Pelaksanaan Angaran Dasar di Koperasi.
  2. Pelaksanaan Keputusan RAT.
  3. Audit Manajemen (pelaksanaan Standar Operasional Produser, Deskripsi jabata, dan Disiplin Kerja).
  4. Audit Keuangan (ada tidaknya penyimpangan keuangan oleh Pengurus)
  5. Audit Fisik (inventaris, dan kas)
 
 
4. Pengelola (Manajer)
 
Manager dipilih dan diangkat oleh pengurus untuk melakukan fungsi pengelolaan operasional usaha koperasi.
Kewajiban manager antara lain :
  1. Melaksanakan kebijakan operasional yang telah ditetapkan Pengurus.
  2. Memimpin dan mengkoordinir pelaksanaan kegiatan-kegiatan di unit-unit usaha.
  3. Membimbing dan mengarahkan tugas – tugas karyawan yang dibawahnya seefisien mungkin menuju karyawan yang berkualitas.
  4. Mengusulkan kepada pengurus tentang pengangkatan dan atau pemberhentian karyawan dalam lingkungan tugasnya.
  5. Menyusun Program Kerja dan RAPBK tahunan untuk disampaikan kepada pengurus sebelum dimulainya rencana dan anggaran yang baru, dan selanjutnya evaluasi sekaligus perencanaan bagi pengurus untuk disampaikan dalam Rapat Anggota.
  6. Membuat laporan pertanggungjawaban kerja secara tertulis setiap akhir bulan dan tahun.
  7. Melaksanakan dokumen-dokumen usaha atau organisasi koperasi.
Fungsi utama Manajer:
  1. Melaksanakan tugas segari – hari di bidang usaha.
  2. Bertanggungjawab atas administrasi kegiatan usaha dan organisasi koperasi.
  3. Mengembangkan dan mengelola usaha untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

Tugas Softskill Koperasi (Credit Union)

Koperasi Kredit atau Credit Union atau biasa disingkat dengan CU adalah sebuah lembaga keuangan yang bergerak di bidang simpan pinjam yang dimiliki dan dikelola oleh anggotanya, dan yang bertujuan untuk menyejahterakan anggotanya sendiri.

Koperasi kredit memiliki tiga prinsip utama yaitu:
  1. Asas Swadaya (tabungan hanya diperoleh dari anggotanya).
  2. Asas Setia Kawan (pinjaman hanya diberikan kepada anggota), dan
  3. Asas Pendidikan dan Penyadaran (membangun watak adalah yang utama; hanya yang berwatak baik yang dapat diberi pinjaman).
Sejarah Koperasi Kredit di Dunia

Sejarah koperasi kredit dimulai pada abad ke-19. Ketika Jerman dilanda krisis ekonomi karena badai salju yang melanda seluruh negeri. Para petani tak dapat bekerja karena banyak tanaman tak menghasilkan. Penduduk pun kelaparan.

Situasi ini dimanfaatkan oleh orang-orang berduit. Mereka memberikan pinjaman kepada penduduk dengan bunga yang sangat tinggi. Sehingga banyak orang terjerat hutang. Oleh karena tidak mampu membayar hutang, maka sisa harta benda mereka pun disita oleh lintah darat.

Kemudian tidak lama berselang, terjadi Revolusi Industri. Pekerjaan yang sebelumnya dilakukan manusia diambil alih oleh mesin-mesin. Banyak pekerja terkena PHK. Jerman dilanda masalah pengangguran secara besar-besaran.

Melihat kondisi ini wali kota Flammersfield, Friedrich Wilhelm Raiffeisen merasa prihatin dan ingin menolong kaum miskin. Ia mengundang orang-orang kaya untuk menggalang bantuan. Ia berhasil mengumpulkan uang dan roti, kemudian dibagikan kepada kaum miskin.

Ternyata derma tak memecahkan masalah kemiskinan. Sebab kemiskinan adalah akibat dari cara berpikir yang keliru. Penggunaan uang tak terkontrol dan tak sedikit penerima derma memboroskan uangnya agar dapat segera minta derma lagi. Akhirnya, para dermawan tak lagi berminat membantu kaum miskin.

Raiffeisen tak putus asa. Ia mengambil cara lain untuk menjawab soal kemiskinan ini. Ia mengumpulkan roti dari pabrik-pabrik roti di Jerman untuk dibagi-bagikan kepada para buruh dan petani miskin. Namun usaha ini pun tak menyelesaikan masalah. Hari ini diberi roti, besok sudah habis, begitu seterusnya.

Berdasar pengalaman itu, Raiffeisen berkesimpulan: “kesulitan si miskin hanya dapat diatasi oleh si miskin itu sendiri. Si miskin harus mengumpulkan uang secara bersama-sama dan kemudian meminjamkan kepada sesama mereka juga. Pinjaman harus digunakan untuk tujuan yang produktif yang memberikan penghasilan. Jaminan pinjaman adalah watak si peminjam.”

Untuk mewujudkan impian tersebutlah Raiffeisen bersama kaum buruh dan petani miskin akhirnya membentuk koperasi bernama Credit Union (CU) artinya, kumpulan orang-orang yang saling percaya.

Credit Union yang dibangun oleh Raiffeisen, petani miskin dan kaum buruh berkembang pesat di Jerman, bahkan kini telah menyebar ke seluruh dunia.

Sejarah Koperasi Kredit di Indonesia
 
Gerakan Credit Union atau Koperasi Simpan pinjam sebenarnya sudah masuk ke indoneia pada tahun 1950, dibawa beberapa sukarelawan yang sudah mendirikan usaha – usaha simpan pinjam menurut prinsip Raiffeisien. Pemerintah indonesia juga sudah menjalankan koperasi kredit dengan memakai sistem yang sama sejak tahun 1955 sampai  dengan tahun 1959.

Namun musibah terjadi pada permulaan tahun 1960-an, dimana inflasi melanda negeri kita sangat hebat. Banyak usaha – usaha yang bergerak dibidang simpan – pinjam menjadi lumpuh, karena tidak bisa menentang inflasi yang kian melaju.

Koperasi – koperasi ini akhirnya banyak yang beralih menjadi Koperasi Konsumsi yang banyak berspekulasi uang. Akhirnya koperasi – koperasi ala Raiffeisen tidak terdengar lagi  pada pertengahan tahun 1960-an dan yang bermunculan adalah Koperasi Serba Usaha.

Perubahan kondisi moneter terjadi pada awal pemerintahan Orde Baru, dimana ekonomi negara cenderung ke arah stabil. Stabilitas itu mulai terlihat mulai pada tahun 1967. Pada waktu itu pengerak ekonomi masyarakat mulai memikirkan pengembangan koperasi kredit dan mereka mulai menghubungi WOCCU atau Dewan Dunia Koperasi Kredit.WOCCU memberikan tanggapan yang sangat  positif dan mengirimkan salah satu tenaga ahlinya yaitu Mr. A.A Baily ke Indonesia. Dalam pertemuan dengan Mr. A. A baily tersebut didiskusikan kemungkinan diperkenalkan dan dikembangkannya gagasan Credit Union di Indonesia sebagai sarana sekaligus wahana pengentasan masyarakat Marginal.

Sebagi tindak lanjut, beberapa orang mengadakan study circle secara perodik di Jakarta dan akhirnya bersepakat membentuk wadah bernama Credit Union Counselling Office (CUCO) pada awal Januari 1970 dipimpim oleh K. Albrecth Karim Arbie, SJ. Untuk memimpin kegiatan operasionalnya, tahun 1971 Drs. Robby Tulus diangkat sebagai Managing Director.
Untuk mendapatkan legalitas dari pemerintah, CUCO Direktur Jendral Koperasi departemen tenaga kerja , transmigrasi dan koperasi yang pada masa itu dijabat oleh Ir. Ibnoe Soedjono, untuk menjajaki kemungkinan dikembangkannya Credit Union di Indonesia dan berlindung dibawah naungan Undang - Undang Perkoperasian yaitu, UU No. 12/1967.

Tanggapan sangat positif dari Direktur Jendral Koperasi memberikan masa Inkubasi selama 5 tahun untuk mengembangkan gagasan gerakan Kredit Union di Indonesia. Masa inkubasi berakhir dengan diadakannya Konferensi Nasional Koperasi Kredit bulan Agutus 1976 di Bandungan, Ambarawa, Jawa Tengah, yang dihadiri juga oleh Ir. Ibnoe Soedjono sebagai Direktur Jendral Koperasi. Dalam kapasitasnya sebagai Direktur Jendral Koperasi, beliau memberikan restu kepada CUCO untuk melanjutkan kegiatan mengembangkan Credit Union di Indonesia dengan menyesuaikan diri kepada ketentuan – ketentuan  dalam UU no. 12/1967 tentang pokok – pokok Perkoperasian di Indonesia. Sejak itulah secara Nasional nama Koperasi Kredit di ganti dengan Credit Union, sedangkan Credit Union Counselling office (CUCO) diterjemahkan menjadi Biro Konsultasi Koperasi Kredit (BK3).

Tahun 1981 diselenggarakan Konferensi Nasional Koperasi Kredit Indonesia, dimana dibentuk organisasi baru bernama Badan Koordinasi Koperasi Kredit Indonesia (BK3I)  dengan kepengurusan yang dipilih secara demokratis, terpilih sebagai ketua Drs. Robby Tulus. Terjadi pergantian nama dan sifat organisasi. Biro Konsultasi Koperasi Kredit (BK3) atau Credit Union Counselling Office (CUCO) menjadi Badan Koordinasi Koperasi Kredit Indonesia (BK3I) atau Credit Union Coordination of Indonesia (CUCO Indonesia) dan untuk daerah menjadi BK3D (Badan Koordinasi Koperasi Kredit Daerah). Saat ini BK3 berubah nama menjadi BKCU dan BK3I berubah menjadi Inkopdit.

Sumber:

Friday, June 29, 2012

INNOCENCE


Innocent

When I see the sky full of stars
One of my bright stars was moved into your eyes
When I look into your eyes
I shall feel of trust, safe, and tenderness
I can see you brought those smiles
You draw one, two, three..
Over my face

Whisper me happiness                                
Whisper me my sweetness
Whisper me you’ll be flawlessly reach the stars you want



Innocent
Innocent
Innocent

Innocently came into my life
Innocently put the smile on my face
Innocently put the tears on my cheeks
Innocently kiss me goodbye
Innocently wave me goodbye to leave


Leave me smiles
Leave me memories

Innocence

Pelajaran Singkat yang Bermakna


Satu hal yang tim IES Project 2011 pelajari setelah Direct Survey ke SMAN 1 Sukanegara,yang berlokasi di Cianjur selatan. Berjarak 45 KM dari pusat kota.
Yakni ternyata, sekolah di daerah memiliki potensi yang luar biasa. Akses bukanlah halangan bagi mereka untuk  bersekolah. Namun, yang kami sayangkan sebenarnya mereka ingin ada Ekstrakurilar lain: KIR bahasa dll, tapi mereka belum memiliki keberanian yang cukup untuk BERSUARA. Mereka takut pihak sekolah tidak akan menyetujui keinginan mereka, padahal setelah kami berdialog dengan pihak sekolah, yang diwakili oleh Kepala Sekolahnya, menyatakan sanggup dan tangan terbuka untuk semua aspirasi siswa, jika hal tersebut memang untuk kemajuan siswa .

Ingat, setiap perubahan lahir dari sebuah Inisiatif dan keberanian untuk merealisasikannya. Jadi, pelajar Indonesia jangan takut untuk berSUARA, kembangkan idemu, maksimalkan potensimu. Karena kalianlah calon Pemimpin Bangsa di masa depan!

The Development of Entrepreneuships’s Competence to Enhance Students’ Independence Tomorrow is YOURS!


The Development of Entrepreneuships’s Competence  
to Enhance Students’ Independence

Tomorrow is YOURS!


First of all I would like to thank to God Allah SWT, that has given us favor and mercy especially for today we could be together in this special occasion. And I also don’t forget to thank to the committees to give me this time.
We gather around to discuss one great theme as The Development of Entrepreneurship’s Competence to Enhance The Students’ Independence”, in this opportunity I’d like to deliver this speech of mine related to our main theme, titled as “Tomorrow is YOURS”

Ladies and Gentlemen

Before we go down to our discussion, judging from the main theme, I’d propose to put ourselves about the meaning of Entrepreneurship’s Competence  on the same page first. Entrepreneurship’s Competence here is the ability to have, to master, and to maintain a particular self-aspects.
Then from now on, I’d consider that we’re already on the same page. And so, we shall continue.

Ladies and Gentlemen
I must say that I am a zero experience of anything related to Entrepreneurship thingy. Accordingly, I’ve gone for such a little observation asking out a few gentlemen, some of the men in the suit, and some of whose jobs require these particular self-aspects. They answered me with a variant aspects of what an entrepreneur should have. Previously, I mentioned a particular self-aspects, right ? here I’ll elaborate of what included in that particular self-aspects and let’s also hear what the people I asked as well.
1.      Joko Wahyu, a head of theatre studio said “ Entrepreneurship is to run a private enterprise, and an entrepreneur must have his/her own capitals..”
Capitals meant here are :
·         Financially
·         Perseverance
·         Bravery
2.      Eki Kusuma, a group commander of Sentinel. Said, “..to be a competent entrepreneur must have..”  :
·         A strong motivation
·         The ability to analyze the market
·         Financially supported



3.      Avil Ardendo, a General Manager of Taman Indraloka who’s also a college student on his final year. He said “..what comes to make an Entrepreneur competent, according to Wiki-Answer are..” :
·         Integrity
·         Conceptual Skill
·         Costumer Sensitivity
·         Networking
·         Strategic Thinking
·         Commercial Aptitude
·         Decisiveness
·         Optimism
·         People Focus
·         Persistence
4.      Heri, my own uncle who once ran a contracting business, owner of a Tour and Travel Company. I asked him whether he agreed or not with the previous opinions, and he agreed with :
§  Motivation
§  Bravery
§  Conceptual Skill
§  A minor influence of living-environment and a re-conditioned environment

Indeed, they said a variant aspects. But, at least I know what they agreed in common. Capitals meant here are:
§  Self-ability -  Determination - Conceptual Skill
§  Mentality - Bravery
§  Financial

Ladies and Gentlemen
After we together analyzed the self-aspects of what an entrepreneur should have, now let’s we go down to the relation between Entrepreneurship’s Competence with Students’ Independence. Students’ Independence here can be interpreted as :
1)     The ability to have the mindset of “not becoming the worker” or “to-work-to-oriented”
2)     The ability to cope in every situations, to put themselves as the condition needed
Let’s we study them one by one. First is, The ability to have the mindset of ‘not becoming the worker’ or ‘to-work-to-oriented’. This in specified meaning, as once we graduate, It’s not about what job is going to be, where you’ll work, or to whom you work, it’s about YOU. Creating that job, and you even create the job vacancies for others, helping the Government to overcome the un-employees issue in our country. And this mindset grows as we the students developing their small-beginning business. Then, somehow implanted on their minds, “..once I finish my studies, I’m going to buy myself a nice, big, and fancy office. Where all my daily-business run, where all my employees working, and all my company errands operating..”
This is what should be implanted on their minds as their big motivation to start their small-beginning business after graduation. To make it even bigger, to expand its cope even wider.

Secondly, is The ability to cope in every situations, to put themselves as the condition needed. It refers to the every situation that an entrepreneur will be facing.
It first takes a strong will, motivation, and a firm determination to start everything with. Next, it’ll have every entrepreneur-to be a bravery to begin the starting-business. Then, they should have a proper management, or a team to make the business works. On the next phase, it’s their beginning motivation as in firm determination that will help or assist them to cope in every stumble and fall circumstances.

And imagine this, on every process they’re facing, it’s teaching them how to control themselves of what it takes to survive on every circumstances. They will learn how to be firm, consistent, risk-baring, to have the integrity, conceptual and strategic thinking, costumer sensitivity, persistence, and even tolerance. Because they have to work as a team and a good team is who’s respecting each other. And of course, the very important aspect Leadership, since they were the one who began the business, they had to become the leader. A leader to a team, and a leader for themselves.
This is a process of what so called as Character-office, creating a new Independent Student or after all  a newborn successful entrepreneur.

Ladies and Gentlemen
In conclusion, to have a qualified Entrepreneurship’s Competence , an entrepreneur-to be must have, master, and maintain the required self-aspects in order to cope and to lead the market. Or in my personal conclusion, Entrepreneurship’s Competence  can be defined by two persistent aspects:
1.      Determination
2.      Consistency

Ladies and Gentlemen
I did tell you that I am a zero experience in entrepreneurships thingy, right ? but since I am, it is true that I have this curiosity of wanting to taste, to know how it feels. And this curiosity will grow to be a will, a motivation, and a firm determination. Then, I want to be a young successful entrepreneur. We do agree that it’s easier saying than doing it, but I do believe with consistency, we would cope. So, do you ? do you want to  help our Government to decrease the number of un-employees in our beloved country and increase the GNP ? Do you ?
Before I end this speech, I’d like to say that it’s indeed right, what people say that ’nothing is impossible’ well, unless you want to be a cyborg instead of human like an Iron Man, or becoming a vampire like Bella Swan who has everything in Edward’s life. The answer is, Definitely YES, IMPOSSIBLE.
Ladies and Gentlemen
I think it’s the end of my speech. I beg your pardon if I made a mistake of I might have said some unpleasant words. Thank you so much for your attention, I hope you had an enjoy-listening.
Last one from me, Do what you Love, and Love what you do. Because Tomorrow is YOURS !

Thursday, June 21, 2012

Exercise Page 8 - 9

EXERCISE:
Fill in the blanks with when, while, because, since, if, unless, before, after, wherever, although, so that, or as if.

1.      When Edison invented a lamp which conducted electricity, gas had been the chief means of lighting home and streets.
2.      I saw an old friend of mine while I was entering the building.
3.      Though his car was much too small, he decided to sell it.
4.      He won’t pass the examination unless he study harder.
5.      Wherever he went, he was warmly received.
6.      The executive acts, as if he owns the company.
7.      If I get the money on time, I can go on vacation.
8.      Although she spends a lot of money on clothes, they never seem to suit her.
9.      I have a lot of extra work to do because my assistant is on vacation.
10.  Since they moved into an expensive apartment, they have become very snobbish.
11.  When someone broke into her house and stole her jewelry, she was next door chatting with her neighbour.
12.  It’s because warm today so that I’m going to the beach.
13.  Though my uncle has worked hard all his life, he could never save up enough money to go on a long vacation.
14.  We will go to the theatre with you tonight if  we can get a baby-sitter.
15.  Don’t give this package to him before he sign a receipt for it.
16.  We’re as pleased with these new towels so that we’re going to buy some more.
17.  After Hitler believed that Germans were the master race, he set out to conquer all of Europe.
18.  When I was in South Africa last year, I learned to speak Spanish.
19.  He looks as if he hasn’t ever changed his clothes.
20.  Repairs will be made if they are necessary.