Saturday, April 21, 2012

Adinda Duta MDGs Jawa Barat in Action !


Adinda Duta MDGs Jawa Barat in Action !

Berselang 2 minggu semenjak kepulangan Dinda panggilan akrabnya, mengikuti serangkaian acara “I Speak for MDGs” di Jakarta selama kurang lebih 1 minggu, Duta MDGs Jawa Barat yang sejak tanggal 20 September 2010 telah resmi menjabat sebagai duta ini, mulai gerak aktif dalam mensosialisasikan semangat pencapaian MDGs, di daerahnya yakni Cianjur. Diawali dengan sosialisasi di sekolahnya SMAN 1 Cianjur, dengan menyampaikan pidato singkat seusai upacara bendera Senin 21/10/2010. Seluruh warga smansa pun menyambut baik sosialisasi MDGs dengan memegang esensi penting dari MDGs yakni “komitmen” dimana seluruh elemen bangsa memiliki tanggung jawab yang sama akan keberhasilan pencapaian MDGs di Indonesia di tahun 2015. Selepas pidato Dinda pun diundang untuk langsung berbicara dengan Kepala Sekolah SMAN 1 Cianjur beserta jajarannya, terkait kegiatannya selama di Jakarta serta tanggung jawab yang diembannya setelah resmi menjabat sebagai duta yaitu merealisasikan project yang sudah di presentasikan dan disahkan di Jakarta. Kembali pihak sekolah siswi yang duduk di kelas XII IPA 1 ini disambut dengan apresiasi yang tinggi baik mengenai MDGs maupun project yang akan ia realisasikan.
            Tak lama berselang, Dinda pun mulai bergerak lebih luas lagi untuk mensosialisasikan dan mempublikasikan MDGs dan project­ nya. Setelah memiliki tim duta yang saat ini berjumlah 10 orang dan masih membuka lowongan, kemudian tim memutuskan untuk langkah selanjutnya adalah sospub di depan Kepala Sekolah seluruh SMA/SMK/MA di Cianjur pada tanggal 4 Oktober 2010, mengingat salah satu komponen subjek penting project nya adalah kepala sekolah.
Dalam kesempatan MKKS atau Musyawarah dan Kerja Kepala Sekolah ini, lagi-lagi animo seluruh kepala sekolah begitu baik diluar dugaan mereka begitu antusias ingin berpartisipasi dalam acara-acara MDGs bahkan menawarkan sekolah yang mereka pimpin untuk dijadikan target subjek Project IES  Implanting Education System nama project Dinda beserta tim yang memiliki tujuan utama yaitu “Mengurangi kesenjangan kualitas antara sekolah SBI dan Non-SBI”. Sospub tersebut meskipun hanya dihadiri ¼ dari keseluruhan jumlah yakni 340 sekolah, namun acara yang di agendakan 30 menit ini berjalan sukses.
            Tidak berhenti disitu sospub pun dilanjutkan dengan bergerak ke SMA/SMK/MA di Cianjur kota dengan jumlah kurang lebih 15 sekolah, dengan menugaskan 2 orang timnya yakni Syadza Alifa dan Nikmatun Khaerunissa sospub pun berhasil dilakukan dengan baik. Dan mendapat apresiasi yang baik serta masukan-masukan positif bagi proyeknya.
            Dan yang terbaru Dinda diundang untuk beraudiensi dengan Bupati Cianjur Bapak Drs. H. Tjetjep Muchtar Soleh, MM pada tanggal 9 November 2010 di kediaman beliau, untuk berdialog langsung sebagai Duta MDGs. Dalam kesempatan ini Dinda yang didampingi oleh Kepala Desa Hegarmanah Bapak Dedi Rahman, diminta untuk menceritakan pengalaman – pengalaman apa saja yang didapat selama di Jakarta, terutama ketika mendapat kesempatan beraudiensi dengan Bapak Wakil Presiden, Ir. Boediono. “Muhun leres di ngawangun SBI henteu mokuskeun kana ningkatkeun kwalitas na mung oge kana sarana jeung prasaranana, malihan mah” , sahut orang nomor 1 di Kab. Cianjur ini.
            Sebagai kaum muda yang berpotensi, semangat yang menggelora, serta masa-nya yang produktif, sudah sepatutnya berkarya mengembangkan diri, menorehkan prestasi berguna bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

No comments:

Post a Comment